Mengenal Adobe Flash


Oke gaes setelah kemarin kita berkenalan dengan Corel Draw mari sekarang kita berkenalan dengan software lain, yaitu Adobe Flash. Pertama-tama mari kita mengetahui apa itu Adobe Flash. Adobe Flash  adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Dahulu Adobe Flash bernama Macromedia Flash. Awal penggantian nama tersebut dimulai sebelum tahun 2005, yang pada saat itu Flash dirilis oleh Macromedia. Kemudian, Flash 1.0 diluncurkan pada tahun 1996 setelah Macromedia membeli program animasi vektor bernama FutureSplash. Versi terakhir yang diluncurkan di pasaran dengan menggunakan nama 'Macromedia' adalah Macromedia Flash 8. Pada tanggal 3 Desember 2005 Adobe Systems mengakuisisi Macromedia dan seluruh produknya, sehingga nama Macromedia Flash berubah menjadi Adobe Flash.
Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Jadi bedanya Corel Draw dengan Adobe Flash ini yaitu Adobe Flash dapat digunakan juga untuk menggambar animasinya (gambar bergerak/gif) sedangkan Corel Draw kita hanya bisa menggambar ilustrasinya saja yang berbasis garis vektor. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension .swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash menggunakan bahasa pemograman bernama ActionScript (bahasa pemrograman yang dibuat berdasarkan ECMAScript, yang digunakan dalam pengembangan situs web dan perangkat lunak menggunakan platform Adobe Flash Player. ActionScript juga dipakai pada beberapa aplikasi basis data, seperti Alpha Five.) yang muncul pertama kalinya pada Flash 5.
Saya mencoba Adobe Flash pertama kali pada mata kuliah Aplikasi Komputer di semester 2. Berikut adalah salah satu contoh animasi yang saya buat dengan menggunakan Adobe Flash CS6.



Nufasah Umri Hafifah 16419141044

Komentar