Mengenal Adobe Flash
Oke gaes setelah
kemarin kita berkenalan dengan Corel Draw mari sekarang kita berkenalan dengan
software lain, yaitu Adobe Flash. Pertama-tama mari kita mengetahui apa itu
Adobe Flash. Adobe Flash adalah salah satu perangkat lunak komputer yang
merupakan produk unggulan Adobe Systems. Dahulu Adobe
Flash bernama Macromedia Flash. Awal penggantian nama tersebut dimulai sebelum
tahun 2005, yang pada saat itu Flash dirilis oleh Macromedia. Kemudian, Flash 1.0
diluncurkan pada tahun 1996 setelah Macromedia membeli program animasi vektor
bernama FutureSplash.
Versi terakhir yang diluncurkan di pasaran dengan menggunakan nama 'Macromedia'
adalah Macromedia Flash 8. Pada tanggal 3 Desember 2005 Adobe Systems
mengakuisisi Macromedia dan seluruh produknya, sehingga nama Macromedia Flash
berubah menjadi Adobe Flash.
Adobe
Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar
tersebut. Jadi bedanya Corel Draw dengan Adobe Flash ini yaitu Adobe Flash
dapat digunakan juga untuk menggambar animasinya (gambar bergerak/gif) sedangkan
Corel Draw kita hanya bisa menggambar ilustrasinya saja yang berbasis garis
vektor. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension .swf dan dapat diputar di penjelajah web yang
telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash menggunakan bahasa pemograman bernama ActionScript (bahasa pemrograman yang dibuat berdasarkan ECMAScript, yang digunakan dalam pengembangan situs web dan perangkat lunak menggunakan platform Adobe Flash Player. ActionScript juga dipakai pada beberapa aplikasi basis data, seperti Alpha Five.) yang
muncul pertama kalinya pada Flash 5.
Saya mencoba
Adobe Flash pertama kali pada mata kuliah Aplikasi Komputer di semester 2. Berikut
adalah salah satu contoh animasi yang saya buat dengan menggunakan Adobe Flash
CS6.
| Nufasah Umri Hafifah 16419141044 |

Komentar
Posting Komentar